Posted by : Viona Angelica Sunday 19 June 2016

Udah pada nonton Conjuring 2 belom nih? Yang udah pasti tau dong si Valak, setannya Conjuring 2 yang baru muncul trus langsung booming di mana-mana sampe banyak banget versi lucu-lucuannya.
Mumpung dia lagi booming dan naik daun kayak artis-artis ternama, Viona mau bikin postingan tentang iblis-iblis temennya Valak yang populer di kalangan kita.
Reader 1 : "Viona Angelica pasti salah satunya nih."
Viona      : *dalem hati* "Abaiin aja dah abaiin."


VALAK

Image result for valac demonology


Sesuai tulisannya, Conjuring 2 itu based on true story, alias dibuat berdasarkan kenyataan! Jadi, Valak si pangeran ular ini ternyata ada lho, jadi ati-ati ya yang suka bikin komedi-komedian dan njelek-njelekin dia, siapa tau karena denger namanya disebut-sebut dia bangkit trus....

Reader 3 : "Nyulik Viona."
Viona.     : *dalem hati* "Tenang, bulan puasa ga boleh marah-marah."

Anyways, Valak di Conjuring 2 itu cuma nyamar jadi biarawati gereja yang seremnya minta ampun. Wujud aslinya malah nggak seserem itu kok. Udah liat pic di atas kan? Ya, Valak itu iblis berwujud anak kecil bersayap yang naik naga berkepala 2 sambil megang ular.

Valak diceritakan sebagai salah satu artisnya neraka. Membawahi sedikitnya 30 legion setan & punya supranatural power yang lebih kuat dari manusia. Di neraka dipercaya ada 2 peringkat iblis. Iblis paling tua dan paling kuat disebut Apokomistai. Yang kecil dan lemah, disebut Nekudaimones. Iblis kelas Neku harus merasuki manusia atau hewan untuk bisa keluar dimensi dan menunjukkan wujud aslinya. Sedangkan golongan Apokomistai seperti Valak bisa muncul dalam wujud asli ataupun merasuki makhluk lain termasuk manusia dan golongan Neku sendiri. 

Golongan ini juga cuma bisa dipanggil oleh sesama Apokomistai atau manusia. Tapi khusus Valak, dia cuma mau menjawab panggilan anak kecil. Dia mendapat kekuatan dari keluguan dan kepolosan anak-anak kecil.

Alasan utama ia dipanggil adalah kekuatannya menemukan harta yang terpendam. Kekuatan lain yang ia miliki adalah kemampuan memprediksi pergerakan planet dan melokasikan letak ular, naga atau sodara-sodaranya, toh dia adalah Pangeran Ular.

ABBADON
Image result for abaddon demon
Bagi para pemain Defense of  The Ancient, alias Dota, nama ini pasti nggak asing lagi. Abbadon adalah iblis yang dipercaya sebagai lambang kebinasaan, atau juga di juluki sebagai "Si Penghancur." Ia dijuluki sebagai raja dari lubang tak berdasar (jurang maut) tempatnya jiwa-jiwa tersesat yang tak tahu arah jalan pulang berkumpul.

Namanya ada di alkitab, dalam Kitab Wahyu kepada Yohanes pasal 9:
Dan raja yang memerintah mereka ialah malaikat jurang maut; namanya dalam bahasa Ibrani ialah Abadon dan dalam bahasa Yunani ialah Apolion.
Ia baru menampilkan diri di depan manusia saat sangkakala kelima telah ditiup.

AZAZEL
Kayak Abadon, Azazel dijadiin salah satu karakter di game, tapi yang ini karakter di Tekken 6 (Ituloh bossnya yang bercahaya-cahaya) Azazel dipercaya sebagai satu dari 4 raja neraka, dimana dia yang dipercaya menyebarkan kejahatan di bumi sampai Tuhan murka dan mendatangkan air bah. Ia sering diibaratkan kekeringan dan kegelapan di padang gurun, wujudnya pun katanya serem.

Beberapa orang juga mengatakan kalau dia adalah ular yang membuat manusia pertama jatuh dalam dosa. Ia yang memberi manusia pengetahuan sehingga kita mulai menanyakan hukum alam dan membuat Tuhan kecewa.

ASTAROTH
Nama aslinya adalah Azarel, dia juga salah satu raja neraka, tapi ada juga yang menyebutnya cuma sebagai iblis di tingkat pertama. Digambarkan sebagai sebuah iblis berwujud manusia dengan sayap , menggunakan mahkota, memegang ular di satu tangan serta menaiki sebuah mahluk yang memiliki sayap naga dan buntut ular.

Sebagai iblis, ia akan menggoda dan menarik manusia ke siksaan tiada akhir, tetapi di sisi lain ada yang mengatakan bahwa ia-lah yang memberikan manusia kekuatan untuk menguasai ular.
Tidak kalah dengan iblis lainnya, ia juga eksis di berbagai game dan film sehingga namanya jadi nggak asing lagi di telinga kita.

LEVIATHAN

Pasti kalian sering denger nama Leviathan, baik di film atau Literatur dimana ia sering muncul sebagai sebuah mahluk dengan mulut besar mengerikan di laut yang akan memangsa segalanya. Leviathan sendiri merupakan perwakilan dari 7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins), yakni iri (envy).

Kenapa ia sering dikaiktan dengan mulut besar mengerikan dan laut? Hal ini dikarenakan Leviathan adalah penguasa lautan yang menyimbolkan air, bersamaan dengan Behemoth si penguasa daratan, dan Ziz si penguasa udara alias Aang. Mulutnya yang besar ini sering diasosiasikan sebagai pintu neraka karena dia juga merupakan penjaga Neraka.

ASMODEUS
Nah, yang ini pasti juga sering denger. Asmodeus juga disebutkan sebagai salah satu iblis perwakilan 7 Dosa Mematikan dimana ia melambangkan nafsu (lust). Ia sering digambarkan dengan wujud kuat, dengan 3 kepala. Yang pertama adalah banteng kayak lambang parpol PDIP, kedua menyerupai manusia dan ketiga adalah domba jantan. Selain itu, ia punya ekor ular dan dari mulutnya muncul api dan berdudukkan di atas naga neraka. Manusia yang tergoda dalam godaan Asmodeus akan dihukum selamanya dalam neraka tingkat dua (neraka tingkat dua adalah tingkatan bagi mereka yang terkait sama dosa seks dan pikiran kotor / Nah lo, ati-ati, hukumannya adalah berada dalam badai yang luar biasa mengerikan).

BELPHEGOR
Bagi yang nonton anime Katekyo Hitman Reborn, pasti tau nih nama satu ini. Dia juga salah satu dari perwakilan 7 dosa mematikan dimana adalah kemalasan (sloth)/Nah lo ati-ati (2). Beda sama animenya yang digambarkan sebagai cogan, aslinya dia berwujud sebagai iblis mengerikan yang berjenggot, memiliki tanduk dan berkuku tajam.

Ia akan memberikan seseorang kekayaan dengan cara apapun, (biasanya melalui penemuan-penemuan yang luar biasa). Setelah orang itu kaya, maka biasanya ia akan bermalas-malasan, hal inilah yang diincar oleh Belphegor, karena ia bertugas menghasilkan kemalasan yang pada akhirnya berujung ke perpecahan di antara manusia.

MAMMON
Image result for mammon demon of greed
Jika kalian pernah nonton film Constantine, maka kalian mungkin melihat nama Mammon sebagai anak dari Lucifer. Ya, hal itu tidak salah. Beberapa versi mengatakan Mammon adalah anak dari Satan yang merupakan salah satu dari 7 pangeran neraka dengan simbol keserakahan dan kekayaan (greed).

Mammon sering diwujudkan sebagai Iblis yang sangat rakus dengan uang, kaya dan juga pelit. Ia akan menambah kekayaannya dengan merampas kekayaan para penyembahnya. Uniknya, kata 'Mammon' di istilah non-formal Jerman, memiliki arti uang.

BEELZEBUB

Reader 1 : "Lah ini kan judul anime."

Yep, Beelzebub bagi para penggemar anime pasti udah amat sangat familiar sekali. Seperti di manga atau animenya, di mana si bayi lucu bernama Bael adalah raja pertama neraka yang juga menyimbolkan kerakusan/ Nah lo (3), dimana ia mengajak manusia untuk memilih-milih makanan, makan makanan yang mahal, banyak dan secara rakus.

Ia juga sering diasosiasikan dengan wujud sebagai Dewa Lalat dan keberadaannya dikatakan merupakan musibah bagi manusia dan Surga sendiri. Hal ini mungkin disebabkan karena beberapa orang mengatakan sebenarnya ia adalah identitas lain dari Satan dan ia merupakan Raja Pertama dari Neraka yang mengajarkan seni menghilang. (Berarti invisible boat mobilenya mermaid man juga pernah berguru sama dia dong)

LUCIFER



NAH, NAH NAH, yang ini pasti sering banget kan dengernya sampe bosen? Udah banyak film, anime, game, dan lain lain yang mengambil nama Lucifer. Lucifer, dapat diartikan jadi 'Bintang Kejora' atau 'Pembawa Cahaya', merupakan nama dari Satan sebelum ia diusir dari Surga karena telah menentang Tuhan dan menjadi malaikat yang jatuh (the fallen archangel).

Ia merupakan perwakilan dari kebanggaan (pride) di 7 Dosa Mematikan. (SPOILER ALERT) Uniknya, jika kalian nonton Constantine, Lucifer membunuh Mammon, karena ia terlalu bangga akan dirinya dan tidak memperbolehkan anaknya sendiri untuk melebihi dirinya.

Pada awalnya dikatakan, Lucifer merupakan malaikat dengan peringkat tertinggi yang selalu dekat dengan Tuhan, dan oleh karena itu Tuhan meperbolehkannya untuk berkuasa atas bumi. Sayangnya, karena Lucifer sangat mencintai dirinya dan ingin berkuasa atas semuanya, begitu Tuhan meninggalkan tempat duduknya, ia menduduki tempat duduk tersebut. Hal ini membuat perperangan antara malaikat, dan malaikat Michael berhasil mengusir Lucifer dari Surga bersamaan dengan malaikat lain yang mendukungnya. Namanya-pun diubah menjadi Satan.

Reader 1 : "Itu fakta ato hoax?"
Viona      : "Tergantung yang baca, lo mau percaya ato nggak terserah sih. Tapi kalo lo nggak percaya ngapain lo baca?" :v

You might also like

Ghosts Are Everywhere
Communicating with souls

Leave a Reply

Feel free to add your comment

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

blog emoticon

What I posted on:

Translate

Copyright © It's story time -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan